TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru. Hal ini diungkapkan Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Selandia Baru yang digelar secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, 14 November 2020.

"Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru," kata Jokowi, seperti dirilis oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Jokowi juga mendorong penguatan kemitraan antara ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu. Terlebih hari ini, ASEAN–Selandia Baru merayakan 45 tahun kemitraannya. "Ke depan, saya ingin kemitraan kita dapat diperkuat terutama di beberapa isu,".kata Jokowi.

Pertama, Jokowi mendorong agar kemitraan di Pasifik diperkuat. Menurut dia, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.