KUPANG, KOMPAS.com - Pulau Kelor di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), disiapkan menjadi salah satu obyek wisata yang akan dikunjungi para peserta KTT G20 dan ASEAN  Summit 2023 mendatang. Pulau Kelor yang berada di bagian utara Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, sering masuk dalam agenda tur bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Waktu tempuh menuju pulau dari Labuan Bajo umumnya memakan waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan kapal. Jika menggunakan speedbot bisa ditempuh setengah jam.  Pulau Kelor sama sekali tidak memiliki fasilitas apa pun, baik akomodasi, termasuk restoran.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Manggarai Barat Florianus Riyan Gampar menjamin pulau tersebut aman untuk dikunjungi.  Menyambut KTT G-20 dan ASEAN Summit, pihaknya menganggarkan Rp 800 juta untuk pembangunan fasilitas pendukung di pulau ini. "Pada tahun 2019 lalu sudah dibangun dermaga di pulau itu," ungkap Riyan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (21/7/2020) malam.