Bukan rahasia lagi, kini moda transportasi darat kereta api semakin diminati oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pengguna kereta api dapat menempuh perjalanan jauh tanpa takut terlambat karena hampir seluruh perjalanan kereta api sesuai dengan jadwal. Namun, pernahkah Kawan GNFI mencari tahu di mana gerbong-gerbong kereta api tersebut dibuat?

Mari kita sejenak berpindah ke Madiun, Jawa Timur. Beralamatkan di Jalan Yos Sudarso 71, Madiun berdiri sebuah prabrik kereta api yang bernama INKA. PT INKA (Persero) atau kepanjangan dari Industri Kereta Api adalah salah satu Badan Usaha Milik Nergara (BUMN) yang telah berdiri sejak 18 Mei 1981.

Mulanya, pabrik kereta tersebut merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap Madiun yang dulu didirkan oleh Staatsspoorwegen pada tahun 1882. Namun, seiring perkembangan jaman, lokomotif uap kini sudah tidak digunakan lagi, maka bangunan Balai Yasa tersebut digunakan menjadi pabrik kereta api yang kita kenal dengan nama PT INKA (Persero).

PT INKA (Persero) memproduksi Kereta Penumpang, Gerbong Barang, KRL, KRD/KRDE, Lokomotif dan produk lainnya yang berkaitan dengan perkereta apian dengan kualitas tinggi. Selain itu, PT INKA (Persero) juga memproduksi produk non-kereta api yakni bus gandeng.

Oleh sebab itu, PT INKA (Persero) menjadi perusahaan manufaktur sarana perkereta apian pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Guna mengembangkan produk-produk untuk menjangkau pasar global, PT INKA (Persero) melakukan joint venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif guna kebutuhan dalam negeri dan kebutuhan ekspor.

Kini di tahun 2019 PT INKA (Persero) bekerja sama dengan PT Len Industri dan PT Wijaya Karya serta PT Kereta Api Indonesia guna mengembangkan dan melakukan perluasan pasar perkereta apian global di kawasan Asia Pasifik khususnya di negara-negara Afrika. Selain itu, PT INKA (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia melakukan kerjasama dengan penghasil kereta api asal Swiss yakni Stadler Rail untuk melakukan joint venture dalam membangun pabrik kereta api di Banyuwangi, Jawa Timur.