Jakarta, Indonesia – Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN (ASEAN Senior Officials' Meeting/SOM) telah berlangsung hari ini (3/9) di Sekretariat ASEAN, Jakarta (3/9). SOM membahas sejumlah hal terkait prioritas Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 dalam tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Reza Suryodipuro, saat Press Briefing di Media Center KTT ke-43 ASEAN yang juga telah memimpin SOM (3/9/2023).  SOM dihadiri oleh pejabat tinggi dari kementerian luar negeri seluruh negara anggota ASEAN serta Timor-Leste.

“Pada pilar ASEAN Matters, telah dibahas mengenai pembentukan prosedur pengambilan keputusan atau decision-making process para Pemimpin ASEAN pada saat situasi tertentu atau situasi krisis," ujar Sidharto.

“ASEAN harus responsif terhadap perubahan yang sangat cepat di kawasan, termasuk bagaimana ASEAN menyikapinya secara lebih tegas sebagai lembaga yang semakin matang. Hal ini penting dalam mengantisipasi perkembangan dinamika yang ada," lanjutnya.

Sumber: Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia