KOMPAS.com – ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asians Nations atau berarti Perhimpunan Bangsa-angsa Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang turun memberikan peran dalam berbagai bidang, salah satunya bidang sosial.

Peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN Berikut peran Indonesia di ASEAN dalam bidang sosial, yaitu: Berperan aktif dalam kegiatan kebudayaan Indonesia aktif dalam kegiatan kebudayaan, contohnya keterlibatan Indonesia dalam ASEAN Cultural Heritage (ACHDA).

Dilansir dari situs resmi ASEAN Cultural Heritage, Indonesia menyumbangkan item berupa artefak dan sejarah pada ACHDA untuk berbagai kekayaan budaya, meningkatkan kesadaran, dan juga apresiasi terhadap warisan budaya ASEAN.
Membantu kegiatan kemanusiaan negara yang sedang dilanda bencana Indonesia turut serta membantu kegiatan kemanusiaan negara-negara ASEAN yang sedang dilanda bencana.

Indonesia kerap menyumbang untuk membantu penanggulangan bencana di Thailand, Vietnam, Kamboja, Philipina, dan Laos. Dikutip dari Sekretariat Nasional ASEAN, Indonesia juga memberikan bantuan kepada Myanmar untuk menanggulangi covid-19 sebesar USD 200.000. Membantu penyelesaian negara yang sedang berkonflik Indonesia secara aktif turut serta dalam penyelesaian konflik negara-negara di ASEAN, contohnya konflik Kamboja-Vietnam. J. Soedijati Djiwandono dalam Indonesia’s Post Cold War Foreign Policy (1994) menyebutkan politik Indonesia bebas dan aktif yang tidak berpihak pada blok ideology mana pun seseungguhnya tidak identik dengan ketidakterlibatan.