Dalam rangka keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, Ditjen Kerja Sama ASEAN telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan Public Engagement, termasuk kegiatan ASEAN Goes to School (AGTS) di Yogyakarta pada 20-21 Maret 2023.

 

Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Pemprov DIY dan Pemkot Yogyakarta.

 

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman keketuaan Indonesia di ASEAN, serta mendekatkan ASEAN kepada generasi muda.

 

Rangkaian kegiatan diawali penyampaian simbolis buku bahan ajar ASEAN dan rekam jejak kepemimpinan Indonesia di ASEAN kepada Kepala Dinas Dikpora serta 12 orang perwakilan guru tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK oleh Direktur KSBA Kemlu RI. 

 

“Kiranya bahan ajar ASEAN dapat mendukung peningkatan pemahaman para pelajar Indonesia atas ASEAN serta mendorong rasa kepemilikan terhadap komunitas ASEAN”, pesan Direktur KSBA Kemlu RI, Yuliana Bahar.  

 

Kepala Dinas Dikpora, Dr. Didik Wardaya SE, M.Pd, mengapresiasi kegiatan ini dan mendorong agar  guru-guru untuk dapat membimbing siswa dalam merangkum pengetahuan ASEAN dengan kemampuan siswa masing-masing.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan AGTS yang diikuti sekitar 600 pelajar dari 6 sekolah tingkat menengah di kota Yogyakarta, yaitu SMPN 5, SMPN 6, SMAN 11, SMK 2, SMK 3 dan SMA Budi Utama.

 

Para pelajar menunjukkan antusiasme tinggi dalam kegiatan ini melalui keaktifan bertanya dan awareness mengenai isu-isu seputar ASEAN.

 

Selengkapnya: Kementerian Luar Negeri