DI tengah pandemik covid-19, Nova Rianti Yusuf atau biasa dipanggil Noriyu yang merupakan dokter spesialis kesehatan jiwa ini mendapat kejutan dengan masuknya ia sebagai finalis dalam ajang ASEAN-US Science Prize for Women 2020. Ia pun menjadi finalis mewakili Indonesia. 

"Di saat Indonesia sedang berjuang melawan covid-19, masuknya saya sebagai finalis bisa memberikan semangat melawan wabah virus korona," kata mantan anggota DPR RI ini, dalam keterangan tertulis, Minggu (3/5).

Dia menjelaskan tema  kompetisi tahun ini adalah Preventive Healthcare, hal itu sesuai dengan aktivitasnya yang secara kontinyu sejak 2008 terus menggiatkan pencegahan bunuh diri. Bahkan dia juga membuat layanan pencegahan remaja bunuh diri dengan menggunakan mobile mental health service yang beroperasi di Jakarta, Blitar dan Kediri. 

"Kegiatannya adalah jemput bola ke sekolah-sekolah. Dan sebetulnya tema kesehatan jiwa saat ini sedang menjadi sorotan sejak wabah covid-19. Dan terjadi kasus-kasus bunuh diri dokter UGD di New York, perawat di Italia, pejabat keuangan di Jerman, warga Korsel di Jakarta, kemudian ada remaja Inggris bunuh diri. Ini menjadi perhatian kita semua," papar Noriyu.

Selengkapnya Media Indonesia