Selanjutnya, seperti yang dilansir AFP, pada 23 Januari Singapura mengumumkan kasus Corona pertamanya. Kementerian Kesehatan SIngapura mengonfirmasi bahwa pasien pertama Corona ini merupakan pria 66 tahun yang memiliki riwayat perjalanan dari Wuha, China. Pria tersebut merupakan warga Wuhan yang datang bersama keluarganya ke Singapura, lewat Guangzhou menumpang China Southern CZ351 pada 20 Januari.

Laporan kasus Corona pertama ini kemudian diikuti oleh Vietnam pada tanggal yang sama (23 Januari). Kasus pertama di Vietnam ini adalah seorang pria China yang tinggal di Kota Ho Chi Minh, yang terinfeksi oleh ayahnya yang melakukan perjalanan ke Vietnam pada 13 Januari dari kota Wuhan, China.

Pada 25 Januari, Malaysia juga melaporkan kasus pertamanya. Menteri Kesehatan Malaysia, Dr Dzulkefly Ahmad menyatakan ada tiga pasien dari kasus pertama ini. Mereka bertiga adalah warga China bagian dari delapan warga China yang dikarantina di Johor Bahru.

Menurut Dr Dzulkefly bahwa ketiganya masih kerabat dekat dari seorang pria China berusia 66 tahun yang menjadi pasien virus corona pertama di Singapura. Pasien pertama di Singapura itu merupakan warga Wuhan yang tiba dari Guangzhou, China pada 20 Januari lalu. Dia terkonfirmasi positif virus corona pada 23 Januari.

Kemudian pada 30 Januari, giliran Filipina yang mengonfirmasi kasus pertama Corona. Pasien pertama ini merupakan seorang wanita asal China berusia 38 tahun. Wanita ini tiba dari Wuhan pada 21 Januari lalu.

Selengkapnya Detik.com