Jakarta - ASEAN merupakan organisasi geopolitik ekonomi negara di kawasan Asia Tenggara yang terdiri dari sepuluh anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam dan Kamboja. Lalu, apakah detikers tahu negara ASEAN yang paling padat penduduknya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Masing-masing negara tentu mempunyai kepadatan penduduk yang berbeda-beda. Luasnya wilayah suatu negara, belum tentu menjadikan negara tersebut termasuk negara yang padat penduduknya. Kemudian jumlah penduduk yang besar, belum tentu dapat dikatakan padat.

Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk yang dibandingkan dengan luas wilayah di suatu tempat per km² atau jumlah setiap penduduk dengan jarak setiap satu mil, seperti dikutip dalam buku berjudul "Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VIII Edisi 4", karya Sugiharsono dkk.

Seperti misalnya Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara hingga mencapai lebih dari 270 jiwa belum tentu merupakan negara ASEAN yang paling padat penduduknya.

Selengkapnya Detik.com