REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menekankan, perlunya kerja sama antara negara anggota ASEAN dan negara lain untuk mempercepat transformasi digital dan memulihkan ekonomi saat pandemi Covid-19. Pihaknya percaya semangat kolaborasi di ASEAN harus fokus untuk mengatasi pandemi.

"Manfaat digitalisasi juga harus dimaksimalkan untuk mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Upaya harus dilakukan untuk membantu yang paling rentan dan memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal," kata Johnny saat pertemuan virtual 1st ASEAN Digital Minister's Meeting (ADGMIN), dalam dari siaran pers di Jakarta, Sabtu (23/1).

Johnny pada forum tersebut menekankan, pentingnya aspek keamanan dan kedaulatan data dan tata kelola data (data governance). Selain itu, pentingnya kerja sama dan diskusi terkait pertukaran data lintas batas negara (cross border data flow) yang memenuhi prinsip reciprocitylawfulnessfairness, dan transparency (timbal balik, absah, adil, dan transparan).

Rangkaian pertemuan yang berlangsung pada 18 hingga 22 Januari 2021, antara lain untuk meluncurkan ASEAN Digital Masterplan 2025 (ADM 2025) dan Deklarasi Putrajaya. ADM 2025 merupakan visi ASEAN untuk mewujudkan ekonomi dan masyarakat digital.

Selengkapnya Republika