BANGKOK - Lima negara yang tergabung dalam Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN), yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia, berlomba menciptakan vaksin virus corona (Covid-19). Negara-negara ini ingin membuktikan tak sekadar sebagai pasar vaksin, tetapi juga bisa memproduksi dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan vaksin Covid-19.

Mereka juga ingin menawarkan solusi yang dibutuhkan untuk mengentaskan pandemi ini. Indonesia, Thailand, dan Vietnam menjadi negara yang terdepan dalam pengembangan vaksin Covid-19. Perusahaan farmasi Bionet-Asia bekerja sama dengan Pemerintah Negeri Gajah Putih dan sebuah universitas di Bangkok untuk mengembangkan vaksin tersebut. Pada bulan lalu telah vaksin telah diuji cobakan kepada monyet.

“Dalam kasus Covid-19, perlu upaya global untuk mempercepat eksperimen, uji coba, berbagai informasi, berbagai diagnosis, dan kenapa kita berada dalam posisi tersebut untuk bergerak cepat,” ucap CEO Bionet-Asia, Pham Hong Thai, kemarin. Uji coba terhadap binatang sejauh ini menunjukkan hasil menggembirakan.

Selengkapnya Sindonews