Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (MenporaZainudin Amali menekankan pentingnya kerja sama bidang kepemudaan dalam meningkatkan kesadaran ASEAN dalam masyarakat.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan secara virtual pada acara The ASEAN Youth Leaders Conference 2020, Selasa (3/11/2020).

Dalam ASEAN Work Plan on Youth 2016-2020, Indonesia menekankan pada tiga hal. Pertama adalah mempromosikan pemahaman tentang budaya yang berbeda untuk perdamaian abadi.

"Indonesia telah memajukan dialog lintas agama dan multikulturalisme baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai bagian integral dan warisan budaya masyarakat Indonesia," kata Menpora.

"Untuk itu, pemerintah Indonesia memperkuat budaya damai di kalangan generasi muda. Dalam konteks ASEAN-Indonesia telah memperkuat jaringan komunikasi antar pemuda lintas agama di kawasan Asia Tenggara untuk meningkatkan nilai-nilai kehidupan dalam perdamaian dan kerukunan umat beragama," tambahnya.

Kedua, lanjutnya, pemerintah memberikan kesempatan bagi pemuda Asean untuk saling berhubungan dan berkomunikasi akan meningkatkan kemungkinan untuk dapat mencapai saling pengertian di antara pemuda.

Selengkapnya Berita Satu