Liputan6.co - Jakarta Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi memberikan updatenya terkait kedatangan 296 pengungsi Rohingya di Gampong Ujong Blang, Kota Lhokseumawe, Aceh pada 7 September 2020.

Saat ini, pengungsi Rohingya tersebut telah ditampung di BLK Meunasah, Lhokseumawe, yang merupakan tempat yang sama yang digunakan untuk penampungan 99 pengungsi Rohingya sebelumnya.

Para pengungsi tersebut, menurut Menlu Retno Marsudi, terdiri dari 105 orang laki-laki, dan 191 orang perempuan yang mayoritas berumur di bawah 18 tahun. Kelompok usia di bawah 18 tahun itu mencapai 183 orang. 

Menlu Retno Marsudi kemudian memaparkan pendataan awal terhadap para migran tersebut. Mereka diketahui berasal dari kamp pengungsi di Cox’s Bazaar, di Bangladesh. 

Sementara "119 orang diantaranya mengaku telah memiliki status pengungsi dari UNHCR; dan hal ini akan diverifikasi langsung oleh UNHCR Indonesia," terang Menlu Retno Marsudi, dalam press briefing virtual yang digelar Kemlu RI pada Sabtu (12/9/2020).

Ia pun melanjutkan, bahwa "Saat ini UNHCR Indonesia sedang melakukan regitrasi dan verifikasi kepada para irregular migrants dan tentunya bekerjasama dengan UNCHR Bangladesh".

Selengkapnya Liputan6