Jakarta - 

Negara-negara di dunia saat ini terbagi ke dalam beberapa blok perdagangan. Berbagai organisasi regional, tidak terkecuali ASEAN, sedekade belakangan tengah membangun fondasi blok-blok tersebut. Pada Minggu (15/11) ASEAN dan lima negara mitra baru saja menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang digadang sebagai blok perdagangan terbesar dalam sejarah.

RCEP diikuti seluruh negara anggota ASEAN plus lima mitra kawasan: Tiongkok, Korea Selatan (Korsel), Jepang, Australia, dan Selandia Baru. Jika ditotal, RCEP ditaksir mencapai hampir sepertiga produk domestik bruto (PDB) global. Lewat RCEP, untuk pertama kalinya pula Tiongkok, Korsel, dan Jepang memiliki kesepakatan perdagangan bebas bersama.

Negosiasi RCEP dimulai di Bali sejak 2011 silam. India yang semula turut berpartisipasi, menyatakan keluar pada 2014 dengan pertimbangan perdagangan internasional mereka dengan negara-negara RCEP, terutama Tiongkok, condong defisit. Sementara Amerika Serikat (AS), mitra ASEAN lainnya, dari awal tidak dilibatkan.

Selengkapnya Detik.com