Jakarta - Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi menjadi salah satu panelis utama dalam forum diskusi EAEU-ASEAN Dialogue di St Petersburg, Rusia, Kamis (3/6/2021). Negara-negara EAEU adalah Rusia, Armenia, Belarusia, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan, atau kelompok negara-negara Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union/EAEU).

Hadir sebagai panelis lainnya yaitu Minister in Charge of Macroeconomics Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community), Sergey Glaziev dan Sekjen ASEAN, Dato Lim Jock Hoi.

Dalam diskusi ini, Mendag Lutfi memaparkan pentingnya peran ASEAN dan EAEU, baik di sektor ekonomi maupun geopolitik global dan kawasan.

Indonesia siap untuk mendorong kerangka kerja sama yang lebih strategis dan komprehensif dengan negara-negara EAEU, baik dalam pola kerja sama bilateral, maupun bersama dengan negara-negara ASEAN.

Mendag Lutfi juga menyampaikan pentingnya kerja sama dan integrasi ekonomi bagi Indonesia karena dapat menjadi salah satu cara untuk keluar dari middle income trap. Dua hal yang diperlukan untuk dapat keluar middle income trap yaitu melalui investasi dan teknologi, demikian siaran pers dari Kementerian Perdagangan.

Selengkapnya Investor