Gianyar, Bali (ANTARA News) – Mantan Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, mengatakan, stabilitas dan kemjuan ekonomi di ASEAN adalah bukti keberhasilan politik luar negeri Indonesia, karena banyak kesepakatan ASEAN lahir berkat peranan Indonesia yang memimpin dan menjadi motor pergerakan.

Sebagai negara yang besar, sejak awal Indonesia menjadi pendiri dan motor pergerakan ASEAN. “Kini, ASEAB telah memiliki banyak kesepakatan, misalkan, di bidang ekonomi (perdagangan dan investasi), hak asasi manusia dan yang menjadi modal utama Indonesia dan ASEAN tumbuh, dan berkontribusi kepada dunia,” kata dia, dalam diskusi bertema Does ASEAN Matter di Ubud Witers and Readers Festival (UWRF) 2018, di Gianyar, Minggu.

Dipandu moderator Michael Vatikiostis, mantan editor Far Eastern Economic Review, Natalegawa bercerita tentang peran Indonesia di ASEAN sehingga kawasan terus stabil dan menjadi salah satu kawasan pertumbuhan ekonomi regional dan internasional yang makin kuat.

“ASEAN kini menjadi Kawasan yang stabil dan dinamis, telah menjadi One vision, One identitiy, dan One Community telah mendorong kelancaran perdagangan, arus barang dan manusia di Kawasan ini,” tambah Marty