TEMPO.COJakarta - Institute of Chartered Accountants in England dan Wales (ICAEW) telah menyelesaikan pencariannya atas 100 mahasiswa terbaik di Asia Tenggara melalui sebuah kompetisi. Hasilnya, Steven Austin, mahasiswa Indonesia jurusan manajemen dari Universitas Tarumanegara, berhasil menjadi juara umum.

Bertajuk ICAEW SEA 100, kompetisi yang pertama kali diadakan di 2018 ini membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengenal lebih jauh dunia profesi akuntansi bersertifikat.

Tahun ini, lebih dari 2.600 mahasiswa dari berbagai jurusan dan universitas ternama se-Asia Tenggara berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi ini.

Kemampuan profesional para peserta seperti etika berbisnis, pembuatan keputusan, kemampuan komunikasi, penyelesaian masalah, dan kerjasama tim diuji dalam kompetisi ini.

Setelah kompetisi berlangsung, 100 orang dengan nilai terbaik akan masuk ke dalam papan peringkat, dan dewan juri akan menentukan juara umum dan 6 pemenang kategori berdasarkan jumlah nilai keseluruhan dan masing-masing bidang yang dilombakan.

Selain menguji kemampuan dasar para peserta di bidang bisnis dan akuntansi, kompetisi ini juga diharapkan dapat membantu para peserta untuk mengerti apa saja keterampilan yang dicari oleh perusahaan-perusahaan dalam proses rekrutmen.

Para peserta akan diberi masukan berbentuk laporan individu yang berisi analisa lengkap tentang apa saja kemampuan dan potensi yang mereka miliki, agar kemudian dapat mengembangkan kemampuan tersebut dalam langkah berikutnya di karir mereka.

Conny Siahaan, selaku Head of ICAEW Indonesia mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mencari dan mendidik generasi-generasi akuntan dan pebisnis berikutnya, dengan terus menyediakan berbagai peluang agar mereka dapat mengasah kemampuan profesional mereka.

Selengkapnya TEMPO