Kediri, koranmemo.com – Sebagian besar dari 121 naskah peserta Lomba Pidato ASEAN dalam Bahasa Indonesia Tingkat SMA-MA se Wilayah Kota/Kabupaten Kediri dan sekitarnya mengangkat ide utama tentang kemanfaatan ASEAN bagi masa depan. Dari keseluruhan peserta tersebut diambil 40 diantaranya untuk ditampilkan di podium. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Studi ASEAN Universitas Kadiri  dan berlangsung pada Sabtu 28 April 2018 di Kampus Universitas Kadiri, Kota Kediri Jawa Timur.

Para peserta  mengungkap tentang betapa penting memahami ASEAN untuk bekal pengetahuan terjun ke masyarakat yang lebih luas. Salah seorang peserta dari Madrasah Aliyah Al Khidmah Nganjuk bahkan dalam isi pidatonya mengajak para remaja untuk selalu meng-update pengetahuan tentang ASEAN demi mempersiapkan diri dalam proses integrasi sosial ASEAN.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Drs. Talkah, MM. mewakili Rektor Universitas Kadiri dalam pidato pembukaan lomba yang mengatakan bahwa para peserta sedang berada pada waktu yang tepat untuk menyadari bahwa ASEAN adalah realitas yang tak terhindarkan.

“Karenanya, adalah suatu kaharusan bagi para peserta untuk memahami dan menjadi penerjemah visi ASEAN kepada lingkungannya agar kelak tidak tertinggal dalam persaingan di pasar kerja,” tadasnya.

Hadiah yang disediakan oleh panitia dalam acara yang baru pertama kali diadakan di wilayah Kediri dan sekitarnya ini total Rp 5.000.000,-, trophy, penghargaan, serta sejumlah  hadiah tambahan yang disediakan oleh Direktoran Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI.

Pemenang dalam lomba pidato ini adalah Juara I Khoirunnisa dari SMAN 1 Kediri, Juara II Stevani Nidya dari SMAN 7 Kediri, Juara III Tirta Nata dari SMAN 2 Kediri. Sementara itu Juara Harapan I direbut oleh Ryan Reza Affandi dari Madrasah Aliyan Negeri 2 Kediri, dan Juara Harapan II adalah Lailatul Ahmada dari SMAN 7 Kediri.

Editor: Achmad Saichu

Selengkapnya Koran Memo