GlobalData memperkirakan lima hal ini akan menjadi fokus organisasi TIK di berbagai perusahaan di kawasan ASEAN pada 2021. 

Pada 2020, perusahaan dan organisasi di ASEAN harus mengubah banyak prioritasnya agar bisa meminimalisasi dampak pandemi terhadap bisnis. Dan tahun ini, perusahaan data dan analytics GlobalData memprediksi cloud, jaringan, mobility, komunikasi, dan keamanan akan menjadi fokus perusahaan.

Laporan terbaru GlobalData ‘2021 ASEAN ICT Predictions’ menyebutkan bahwa lima tren teratas tersebut diharapkan akan muncul di tiap domain teknologi: (i) public cloud akan memimpin adopsi, (ii) SD-WAN akan menjadi layanan umum dalam organisasi (iii) solusi enterprise 5G akan mulai beranjak dari tahap pengembangan (development) ke tahap pra-komersial (iv) lebih banyak pemain akan memasuki pasar Communication Platform as a Service (CPaaS), dan (v) layanan managed security akan menjadi opsi terbaik bagi bisnis untuk selalu bisa terdepan dalam teknologi. 

“Dengan terpasangnya layanan kritis seperti cloud, networking, unified communications (UC) dan security, perusahaan di ASEAN akan mempunyai fondasi TIK yang lebih kuat sehingga memungkinkan mereka mengakselerasi perjalanan transformasi digitalnya.