WowKeren - Resesi ekonomi yang terjadi pada Singapura cukup menjadi perhatian. Resesi tersebut diperkirakan akan 'menular' ke negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Lembaga riset Internasional Morgan Stanley memperkirakan ada empat negara di kawasan ASEAN yang rentan mengalami resesi akibat pandemi COVID-19. Yang pertama adalah Thailand. Hal ini tak heran mengingat Thailand telah mencatatkan pertumbuhan ekonomi minus 1,8 pada kuartal I 2020.

Sedangkan pada kuartal II, pertumbuhan ekonomi Thailand diramal jatuh lebih dalam hingga minus 10 persen. Lalu akan minus 2 persen pada kuartal III dan minus 0,6 persen pada kuartal IV 2020. Selama ini, negara tersebut memang mengandalkan sektor perdagangan dan pariwisata untuk perekonomian mereka.

Sejak pandemi, sektor wisata mengalami keterpurukan hampir di seluruh dunia. Lembaga riset menilai negara yang bergantung pada ekspor akan lebih terdampak perekonomiannya ketika COVID-19 menyerang. Seperti halnya Singapura.

"Mereka adalah ekonomi yang lebih berorientasi ekspor," ungkap Morgan Stanley dalam laporan bertajuk Asia Economic Mid Year Outlook 2020, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (17/7). "Mereka akan dipengaruhi oleh perkembangan eksternal hingga tingkat yang lebih besar."