JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengajak Angkatan Laut (AL) negara-negara ASEAN untuk mengutamakan semangat sentralitas, saling percaya dan saling menghormati, serta non-intervensi dalam membangun kerja sama di wilayah Indo Pasifik.

“Kita harus bergerak dengan mengutamakan semangat sentralitas ASEAN sebagai prinsip yang mendasari kerja sama di wilayah Indo-Pasifik, khususnya pada aspek keamanan maritim dan kerja sama Angkatan Laut,” ujar Yudo saat menyampaikan sambutan pada kegiatan 14ͭ ͪ ASEAN Navy Chiefs’ Meeting (ANCM) secara virtual di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (5/11/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Kerja Sama Angkatan Laut Guna Mewujudkan Kekompakan dan Kesiap-Siagaan ASEAN” diselenggarakan di Hanoi, Vietnam dimana Angkatan Laut Vietnam merupakan tuan rumah 14ͭ ͪ ASEAN Navy Chiefs’ Meeting 2020 yang dipimpin langsung Panglima Angkatan Laut Vietnam Laksamana Tran Thanh Nghiem. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh Kepala Staf Angkatan Laut di negara-negara ASEAN.