Beijing (ANTARA) - Menteri Luar Negeri China Wang Yi baru saja menyambut empat koleganya dari empat negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) dalam rentang tiga hari berturut-turut, terhitung mulai 31 Maret hingga 2 April 2021.

Menlu Singapura Vivian Balakrishnan menjadi menlu pertama ASEAN yang menemui Wang Yi di wilayah tenggara daratan Tiongkok itu. Setelah itu, Wang Yi menerima kunjungan Menlu Malaysia Hishamuddin Hussein, Menlu RI Retno LP Marsudi, dan Menlu Filipina Teodoro Locsin.

ANTARA menginventarisasi beberapa topik pembicaraan penting dalam pertemuan para menlu ASEAN itu dengan Wang Yi, sosok yang sejak 19 Maret 2018 duduk sebagai anggota Dewan Negara, sebuah jabatan terpenting dalam struktur pemerintahan China.

Beberapa topik pembicaraan dalam pertemuan bilateral antara China dengan masing-masing koleganya di ASEAN itu adalah penguatan kerja sama penanganan pandemi, ketersediaan vaksin COVID-19, dan stabilitas keamanan di kawasan.

Topik mengenai krisis politik di Myanmar tentu saja tidak bisa dihindari dalam agenda pertemuan Fujian tersebut. Selain anggota ASEAN, Myanmar juga merupakan tetangga China. Realitas ini menjadi faktor yang menentukan akan terciptanya stabilitas di kawasan.

Wang Yi kepada para koleganya dari ASEAN itu menginginkan penyelesaian konflik di Myanmar dilakukan dengan mengedepankan prinsip non-intervensi. OK, ASEAN pun setuju!

Selengkapnya Antara