BATAM, KOMPAS — Dua orang di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dinyatakan positif Covid-19. Di tengah akses kesehatan yang minim, pulau-pulau terpencil di Indonesia membutuhkan perhatian pemerintah menghadapi pandemi.

Kepulauan Tambelan terdiri dari 56 pulau kecil dan hanya tujuh di antaranya yang berpenghuni. Kecamatan itu terletak di Laut China Selatan yang lebih dekat dengan Kalimantan Barat.

Tambelan adalah kecamatan terjauh di Bintan yang jaraknya sekitar 340 kilometer dari ibu kota kabupaten. Dibutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk mencapai rumah sakit rujukan di Tanjung Pinang. Transportasi sangat terbatas karena kapal tol laut hanya datang tiga kali satu bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan Gama Isnaeni, Selasa (26/5/2020), mengatakan, dengan tambahan dua pasien tersebut, total kasus postif Covid-19 di Bintan menjadi empat orang. Diduga kuat, dua pasien baru di Tambelan tertular virus SARS-CoV-19 dari awak kapal kargo asal Kalbar.

Salah satu dari dua pasien itu diketahui merupakan anggota Polsek Tambelan berusia 22 tahun. Ia adalah orang tanpa gejala yang sampel darahnya reaktif ketika menjalani tes cepat. Ia lalu dibawa menggunakan Kapal Sabuk Nusantara pada 16 Mei 2020 ke Tanjung Pinang untuk dirawat di RSUD Ahmad Thabib. Lima hari kemudian pasien itu dinyatakan positif Covid-19.

Selengkapnya Kompas