REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan infrastruktur bagi kota besar seperti Jakarta memiliki andil yang besar. Hal itu sangat dibutuhkan untuk menopang aktivitas kebutuhan warganya yang terus meningkat pesat. 

Menurut survey Grant Thornton International Business Report (IBR) di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang dirilis per kuartal menyebutkan sebanyak 42 persen dari pelaku bisnis di kawasan ASEAN meyakini infrastruktur mendorong prospek pertumbuhan bisnis di kawasan, serta mendukung terciptanya sarana untuk meningkatkan kesejahteraan.Pertumbuhan populasi rata-rata di berbagai negara di ASEAN periode 20152020 tercatat lebih dari 1 persen. Namun, di perkotaan pertumbuhan tersebut diperkirakan lebih besar diperkirakan lebih dari dua kali lipat.

Sebanyak 58 persen dari total responden  yang merupakan pebisnis di Indonesia, mengharapkan pembangunan infrastruktur lokal direalisasikan.  Presiden Joko Widodo pada 2016 menguraikan agenda pembangunan sebanyak  327 miliar dolar AS  dialokasikan untuk mengembangkan berbagai proyek prasarana atau infrastruktur termasuk jalan, bandar udara, dan jaringan kereta api.

"Dana signifikan untuk pembangunan infrastruktur mencerminkan kebijakan pemerintah," kata Kurniawan Tjoetiar, Partner-Business Advisory/Legal Services Grant Thornton Indonesia, dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.

Para pelaku bisnis di ASEAN juga setuju peningkatan kerja sama ekonomi ASEAN adalah peluang terbesar untuk pembangunan di Asia Pasifik. Ini disetujui 36 persen dari total responden.