Malang (beritajatim.com) – Perkembangan pengguna internet di Indonesia semakin pesat. Pada 2009, komputer sebagai perangkat utama penggunannya hanya 30 juta saja. Smartphone baru saja dimulai dan aplikasi-aplikasi sosial yang disebut sebagai web 2.0 mulai banyak digunakan pada tahun itu.

Saat ini di 2020, industri digital di Indonesia melonjak tajam. Bahkan dalam 4 tahun terakhir, terjadi ledakan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Google, Temasek, dan Bain Company memperkirakan GMV ekonomi berbasis internet Tanah Air telah menembus US$40 miliar pada 2019 dan bakal menyentuh US$133 miliar pada 2025.

“Indonesia adalah pasar digital terbesar di Asia Tenggara, berkontribusi terhadap 40 persen dari ekonomi internet di regional. Dalammenarik uang investor, Indonesia menempati peringkat kedua setelah Singapura. Industri digital Indonesia juga melahirkan lebih banyak unikorn dibanding negara lain di Asia Tenggara,” kata Partner, East Ventures, Melisa Irene, di Malang, Jumat, (27/3/2020).

Merujuk data itu, Melisa mengungkapkan East Ventures semakin berambisi menjadi platform wirausaha teknologi Indonesia. Ada tiga bekal utama yang menjadi acuan East Ventures yakni, potensi pengguna internet di Indonesia, tingkat adopsi digital, dan perkembangan smartphone.

“East Ventures kini telah berinvestasi di lebih dari 170 perusahaan startup termasuk sebagai investor pertama yaitu Tokopedia dan Traveloka. Kami juga menjadi pemodal pertama di Kudo, Warung Pintar, IDN Media,Sociolla, Waresix, dan Ruangguru. Hampir semua dari 170 atartup tersebut memiliki founder lokal yang belum pernah mengelola perusahaan,” papar Melisa.

Melisa mengungkapkan, perusahaan dari
negara lain sulit meraih status unikorn tanpa hadir di Indonesia. Industri digital adalah perekonomian yang berbasis penguasaan teknologi dan pengetahuan. Bukan bertumpu pada penguasaan aset. Ini membuka kesempatan yang sama bagi perusahaan rintisan untuk mengambil peran sentral dalam membangun ekonomi digital Indonesia bersama korporasi raksasa dan perusahaan multinasional.

Selengkapnya tautan berikut