Suara.com - Indonesia meningkatkan kerja sama dengan Malaysia dan Thailand dalam menyusung persiapan new normal di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Ketiga negara akan membangun solidaritas dan kolaborasi untuk mempersiapkan fase new normal di kawasan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

"Tidak ada satu pun negara di dunia yang cukup kuat untuk menghadapi Covid-19 sendiri. Kerja sama internasional dan regional menjadi semakin relevan dalam kondisi seperti ini," kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Pernyataan tersebut disampaikan pada pembukaan konferensi virtual IMT-GT UNINET yang mengambil tema "Strengthening IMT-GT Cooperation on Covid-19 Pandemic", pada 22 Juni 2020.

UNINET merupakan kelompok yang berakar pada Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT-GT), baik sebagai pemangku kepentingan maupun sebagai komponen strategis utama.