JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang menegosiasikan Travel Corridor Arrangement (TCA) dengan Jepang untuk membuka perjalanan terbatas guna keperluan bisnis. Tak hanya Jepang, saat ini Indonesia juga tengah mendorong perjanjian TCA bersama negara-negara ASEAN.

Dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-37 ASEAN, masing-masing kepala negara memutuskan untuk mengambil langkah pembentukan TCA ini. "Saat ini kita sedang negosiasi dengan Jepang.

Selain itu, Framework TCA juga sudah disepakati dalam KTT ASEAN," ujar Retno dalam sambutan pada acara Jakarta Food Security Summit-5 secara virtual, Kamis (19/11/2020). Retno mengatakan, digitalisasi memang telah membantu terlaksananya bisnis di berbagai sektor saat masa pandemi.

 Namun, tetap saja masih banyak aktivitas bisnis yang tak bisa dilakukan secara virtual. Oleh sebab itu, dilakukan berbagai upaya untuk mendukung pertemuan bisnis secara langsung namun dengan memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya melalui skema perjanjian TCA dengan berbagai negara.