Liputan6.com, Jakarta- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN (Special ASEAN Summit) dan KTT Khusus ASEAN Plus Three (Special ASEAN Plus Three Summit) terkait Virus Corona COVID-19 akan segera digelar. Dijadwalkan pada Selasa, 14 April 2020 melalui video conference.

Sesi melalui video conference ini sebelumnya sudah didahului oleh pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Negara Anggota ASEAN, 25th Meeting of the ASEAN Coordinating Council pada 9 April lalu.  "Kita tidak bisa menunda KTT tersebut di situasi dunia dan kawasan kita yang sedang berjuang hadapi COVID-19. KTT Khusus ini sangat strategis untuk satukan langkah lawan COVID-19," ujar Menteri Luar Negeri RI seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kemlu.go.id, Senin, (13/4/2020). 

Rencananya, Presiden Indonesia Joko Widodo juga dijadwalkan untuk mengikuti dua pertemuan KTT Khusus tersebut. Ini bukan momen perdana Jokowi menghadiri pertemuan online. Sebelumnya, Jokowi juga mengikuti video conference KTT G-20 di bawah keketuaan Arab Saudi pada 26 Maret.