Jakarta - 

Pengamat kebijakan publik sekaligus pegiat pertanian, Razikin Juraid mengatakan indeks ketahanan pangan Indonesia tahun ke tahun semakin membaik. Hal ini berdasarkan data Global Food Security Index (GFSI) yang menyebut status ketahanan pangan Indonesia secara keseluruhan naik signifikan.

"Dari data ini disebutkan status ketahanan pangan Indonesia pada tahun 2016 Indonesia masih berada di peringkat 71 dari 113 negara yang diobservasi dan di tahun 2019 alami peningkatan ke peringkat 62. Ini artinya prestasi bagi sektor pertanian Indonesia. Tak perlu dikhawatirkan," ujar Razikin dalam keterangan tertulis, Jumat (19/2/2021).

Sementara itu, skor Food Sustainability Index (FSI) untuk Amerika Serikat sebesar 68,8. Angka ini tidak berbeda jauh dengan Ethiopia sebesar 68,5. Adapun India memiliki skor FSI 66,4 dan Israel 64,6, di bawah Ethiopia.

"Tidak fair jika dibandingkan dengan negara Ethiopia dan Zimbabwe yang notabenenya negara yang baru bangkit dari kelaparan ke negara yang terpenuhi pangannya. Sementara Indonesia bukan negara kelaparan, tapi memang negara yang sudah mandiri menyediakan pangannya dan bertahan untuk tetap mandiri akan pangannya," lanjut Razikin.

Selengkapnya Detik.com