Jakarta, Gatra.com – Seiring berjalannya kembali aktivitas bisnis dan perekonomian di beberapa negara, perhatian publik mulai bergeser ke lanskap ekonomi pasca pandemi. Terlepas dari krisis yang melanda dunia, para pakar ekonomi dan keuangan memperkirakan ekonomi global akan membaik di 2021, dengan industri berbasis teknologi menjadi sektor yang paling tangguh. Hal ini menjadi topik utama dalam diskusi The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) dengan para pakar industri di kawasan Asia Tenggara.

Saat ini merupakan periode krusial bagi pelaku bisnis dalam menentukan arah strateginya, dan pelaku bisnis tidak cukup mengandalkan satu aspek dalam strateginya menghadapi tantangan krisis saat ini. Southeast Asia (SEA) Virtual Economic Forum 2020 yang diadakan oleh ICAEW menyimpulkan terdapat tiga hal yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis dan ekonomi agar dapat beradaptasi dengan keadaan normal baru. Ketiga hal tersebut yakni trust (rasa percaya), talent (sumber daya manusia), dan technology (teknologi).

“Upaya pemulihan ekonomi yang kita butuhkan harus mencakup solusi-solusi berkelanjutan yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, namun juga bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” ujar ICAEW Regional Director, Greater China and South-East Asia, Mark Billington dalam keterangan yang diterima GATRA.com, Sabtu (13/6).