Jakarta, Gatra.com - Badan utama untuk bisnis-bisnis Eropa di ASEAN, EU-ASEAN Business Council baru-baru ini menerbitkan Survei Sentimen Bisnis tahunan edisi Keenam. Chairman EU-ASEAN Business Council, Donald Kanak mengatakan hasil survei kali ini mengkonfirmasi bahwa ASEAN masih dipandang sebagai kawasan peluang ekonomi terbaik.

“Namun seperti yang sudah diprediksikan selama krisis Covid-19, prospek peningkatan perdagangan dan investasi menunjukkan tanda-tanda melemah,” ujar Donald Kanak dalam keterangan resminya, Kamis (8/10).

Ia menyatakan termasuk ke dalam survei sentimen bisnis tahun ini adalah pertanyaan seputar kawasan yang dinilai berpotensi menarik lebih banyak investasi pada rantai pasokan pada era pasca Covid-19. ASEAN berada di posisi teratas, namun kawasan Eropa dan Tiongkok dinilai memiliki potensi serupa.

“Hampir setengah dari responden mengharapkan adanya penataan ulang rantai pasok setelah pandemi Covid-19. Hal ini tentunya membuat hal-hal yang perlu diselesaikan dalam integrasi ekonomi ASEAN dan kemajuan dalam fasilitas perdagangan menjadi sangat penting demi pemulihan ekonomi ASEAN dari keterpurukan ekonomi,“ ujar Donald.

Selengkapnya Gatra