TEMPO.CO, Jakarta - Halaman utama Global Firepower yang merupakan situs pemeringkat militer dunia, kekuatan militer Indonesia menempati posisi ke 16 dari 140 negara di seluruh dunia pada tahun 2021. Sekaligus meletakkan kekuatan militer Indonesia pada peringkat teratas di Asia Tenggara. Sedangkan diurutan ke 15 ada kekuatan militer Jerman dan posisi ke 16 diduduki oleh kekuatan militer Saudi Arabia.

Kekuatan militer Indonesia memperoleh skor power indek sebesar 0,2684 poin dari Global Firepower. Dengan jumlah angka kemenangan tersebut artinya kekuatan militer Indonesia hampir serupa dengan kekuatan militer negara maju. 

Perlu diketahui bahwa untuk mengisyaratkan makin tinggi tingkatan milier suatu negara maka artinya skor power indek negara tersebut semakin kecil. Begitu juga sebaliknya, apabila skor power indek yang diperoleh semakin besar, maka makin rendahlah peringkat militernya.

Lebih dari 50 indikator menjadi faktor penilaian Global Firepower untuk menghitung skor power index tiap negara. Negara-negara kecil yang memiliki kelebihan dalam perhitungan di beberapa indikator menjadi keunggulan mereka untuk bersaing dengan negara-negara yang lebih maju. 

Selengkapnya Tempo