TEMPO.CO, Jakarta – Satu lagi anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Belum lama ini, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menorehkan prestasi dengan menjadi Juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Asia Tenggara.

Melansir laman iainbatusangkar.ac.id, mahasiswa bernama Feni Mardika, mahasiswa semester 7 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya dari seluruh wilayah di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Malaysia, dan Thailand. Dalam lomba tersebut, Feni mendapat keseluruhan nilai sejumlah 91 dari dewan juri. Adapun rincian nilai tersebut yakni Tajwid 29, Fasohah 28, dan irama 34.

Kabar gembira ini menuai banyak respon positif, termasuk dari pihak IAIN Batusangkar, Marjoni Imamora, Rektor IAIN Batusangkar, mengapresiasi prestasi yang diperoleh Feni Mardika dalam lomba MTQ se-Asia Tenggara. “Anda semua sudah memberikan yang terbaik dalam ikhtiarnya mengembangkan tilawah Al-quran. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi perguruan tinggi masing-masing,” ujarnya.