Di Asia Tenggara, Rocket Internet akan selalu diasosiasikan dengan situs belanja online Lazada dan Zalora.

Tapi yang mungkin tidak diketahui orang adalah Rocket Internet merupakan pionir awal sekaligus prematur di sektor ecommerce business-to-business (B2B) di Asia Tenggara. Status ini berasal dari OfficeFab, sebuah startup yang modelnya diambil dari perusahaan retailer alat-alat kantor Amerika, Staples. Sayangnya startup tersebut mati di tahun 2013.

Meskipun begitu, dampak ecommerce B2B di Asia Tenggara masih jauh tertinggal dari Cina dan India. Alibaba misalnya, berangkat sebagai platform untuk supplier sebelum akhirnya terjun melayani konsumen akhir. Sementara IndiMart sudah IPO di tahun 2019 dan menghasilkan profit.

Tapi kebangkitan di sektor ini mungkin akan segera terjadi. Ecommerce untuk konsumen akhir mulai menemui titik jenuh dan memaksa investor serta perusahaan ecommerce mencari peluang baru di area yang belum dijamah.

Asia Tenggara juga sepertinya sudah siap. Platform seperti TokopediaGrab, dan Gojek, serta layanan pembayaran seperti GoPay dan OVO sudah memperkenalkan jenis dan metode jual beli baru ke jutaan penjual.

Selengkapnya Techinasia