KBRN, Surabaya : Dua SMK Pariwisata di Jawa Timur, berhasil menjadi SMK terbaik di Asean. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disela pembukaan Seminar dan Pameran SMK Pariwisata, Rabu (25/9/2019).

"Menurut saya, dua SMK Pariwisata yang dibimbing secara khusus oleh Kemenristek Dikti, ini sudah menjadi yang terbaik di Asean," ujarnya. Dua SMK Pariwisata ini, kata Khofifah juga terbaik dari 21 SMK Pariwisata di Indonesia yang juga mendapat pendampingan langsung oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). 

Khofifah mendorong, agar skil atau keahlian serta materi yang diberikan kepada siswa siswi SMK, sudah harus berseiring dengan kebutuhan 4.0, mengingat saat ini dunia kepariwisataan telah menggunakan sistem digital, baik promosi maupun penjualan. 

"Skill yang diberikam SMK sidah harus berseiring dengan kebutuhan 4.0," ucapnya. Diakui Khofifah, tren para traveler kini juga sudah berubah seiring dengan perkembangan teknologi era 4.0, jika dulu untuk bisa menikmati wisata, membutuhkan travel agen, namun saat ini sudah bisa membeli paket paket wisata ke situs situs jual beli online.