JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dalam pertemuan ASEAN-Amerika Serikat (AS) di Bangkok, Thailand mendorong penyelesaian isu Palestina. Pertemuan itu dihadiri oleh seluruh Menteri Luar Negeri ASEAN dan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

Dalam pertemuan itu, Retno mengawali pernyataan dengan menyatakan apresiasi atas kehadiran Pompeo dalam pertemuan tersebut. Retno menyebut hal ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat dalam memperkuat kerja sama dengan ASEAN.

Retno juga menyampaikan bahwa dunia dipenuhi dengan ketidakpastian dan lebih banyak tantangan yang harus dihadapi bersama. Untuk mengatasi situasi tersebut, Indonesia berpendapat bahwa tidak ada cara lain bagi ASEAN dan AS untuk meningkatkan kerjasama untuk menjadikan dunia menjadi lebih baik bagi semua.

Dia menyebut, ASEAN Outlook mengenai Indo-Pacific akan menjadi pemandu dan alat bagi ASEAN untuk berkontribusi menciptakan perdamaian kawasan dan dunia. Terakhir, Retno mengangkat mengenai isu Palestina. "Isu Palestina sangat dekat di hati masyarakat Indonesia," kata Retno dalam pertemuan itu, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Minggu (4/8).