Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menerima kunjungan Menlu Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi di Singapura, Kamis (18/02/2021). Dalam pertemuan itu, keduanya saling bertukar pandangan terkait perkembangan yang berlangsung di Myanmar dan mendesak adanya pertemuan ASEAN untuk membahas hal tersebut.

Baik Menlu Balakrishnan maupun Menlu Retno sepakat bahwa ASEAN dapat memainkan peran penting dalam memfasilitasi dialog konstruktif serta mengembalikan stabilitas dan keadaan agar menjadi normal. Mereka membahas kemungkinan langkah ke depan untuk ASEAN untuk menangani situasi di Myanmar, termasuk bagaimana hal itu bisa mendorong dialog konstruktif dengan semua pemangku kepentingan termasuk mitra eksternal.

“Mereka juga menyatakan dukungan kuat agar pertemuan informal menlu ASEAN tentang Myanmar diadakan secepat mungkin, untuk memfasilitasi pertukaran pandangan yang konstruktif dan mengidentifikasi kemungkinan jalan ke depan,” sebut pernyataan pers dari Kementerian Luar Negeri Singapura, Kamis.

Menlu Balakrishnan dan Menlu Retno menyampaikan keprihatinan mendalam atas situasi di Myanmar. Mereka berharap semua pihak yang terlibat akan menjaga dialog dan bekerja ke arah resolusi perdamaian, serta rekonsiliasi nasional di Myanmar, termasuk kembali kepada jalan transisi demokrasi.

Menlu Balakrishnan juga mendesak semua pihak yang terlibat untuk menahan diri dan mengambil langkah mendesak dalam meredakan situasi. Menurutnya, tidak boleh terjadi kekerasan terhadap warga sipil yang tidak bersenjata.

Selengkapnya Berita Satu