Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah hubungan yang semakin memanas dengan Amerika Serikat (AS), China berupaya memperbaiki hubungan dengan Vietnam dan negara-negara Asia Tenggara lain dengan menawarkan hubungan ekonomi yang lebih dekat dan bantuan pemulihan pandemi virus Corona.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu secara virtual dengan Menlu Vietnam Pham Binh Minh. Sehari sebelumnya Wakil Menlu China Luo Zhaohui mencoba meyakinkan Vietnam bahwa negara itu menginginkan perdamaian dan stabilitas regional, meski kedua negara terlibat saling klaim di Laut China Selatan.

Beijing juga mengatakan tengah dalam penyelesaian perjanjian perdagangan bebas dengan Kamboja, sekutu terdekatnya di Asean. Namun perjanjian itu dinilai hanya simbolis semata mengingat nilai perdagangan dua negara yang terbatas. Para analis mengatakan itu menunjukkan strategi Beijing mendekati negara-negara dengan insentif ekonomi agar tak memihan AS.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan pekan lalu bahwa klaim Beijing atas hampir 90 persen Laut Cina Selatan benar-benar melanggar hukum. Pernyataan itu tak ayal meningkatkan ketegangan di antara dua negara adidaya.

Selengkapnya Bisnis.com