JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menuturkan, sejak kedatangan pengungsi Rohingnya di Aceh, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Selain itu, Retno juga mengatakan bahwa Kementerian Luar Negeri juga telah melakukan koordinasi dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Retno menuturkan, fase pertolongan darurat telah dilakukan dan 99 migran yang tiba di Aceh dalam keadaan sehat dan baik. Kebutuhan pangan dan kesehatan, jelas Retno telah dipenuhi dan mereka juga telah dilakukan tes Covid-19, dan semuanya negatif.

Dia mengatakan, para migran sekarang di tampung bekas kantor imigrasi Lhokseumawe dan mulai 1 Juli, akan dipindahkan ke lokasi yang lebih baik sarananya, yaitu di balai latihan kerja meunasah mee kandang Lhokseumawe.

"Sejak tibanya para migran, Kementerian Luar Negeri terus melakukan koordinasi dengan unsur pemerintah pusat dan pemerintah daerah, diantaranya dengan satgas penanganan pengungsi luar negeri yang ada di pusat, kemudian dengan pemerintah daerah, dengan TNI, Polri, BASARNAS, BPPD, juga dengan dinas sosial di Aceh Utara," ucap Retno.

Selengkapnya Sindonews