Jakarta - 

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan pemerintah dan elemen masyarakat untuk memperhatikan peringatan WHO yang menyebut pergeseran pusat penyebaran virus Corona (COVID-19) akan bergeser dari Eropa ke Asia Tenggara. Untuk itu, kerja pencegahan dan menangkal penularan COVID-19 harus semakin diintensifkan di semua daerah hingga pelosok.

"Badan kesehatan dunia WHO telah mempublikasikan media briefing sebagai peringatan dan saran kehati-hatian untuk negara-negara di Asia Tenggara. Menurut WHO, gelombang episenter wabah Corona dari Amerika Serikat dan Eropa akan menuju Asia Tenggara," kata Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (12/4/2020).

"Potensi pergeseran gelombang episenter wabah Corona ke kawasan Asia Tenggara bisa jadi sangat besar jika tidak dikendalikan dari sekarang," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini meminta pemerintah, DPR, MPR, dan DPD serta semua elemen masyarakat Indonesia perlu menyikapi pernyataan WHO itu dengan meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian. Terpenting, saran dan peringatan dari WHO itu hendaknya tidak membuat masyarakat semakin takut dan juga tidak panik.

"Memang, akibat yang ditimbulkan oleh Pandemi virus Corona di AS, Italia serta Inggris benar-benar di luar perkiraan. Mengacu pada angka kematian yang begitu besar, semua negara memang patut mencermati penyebab yang melatarbelakangi besarnya jumlah korban jiwa di tiga negara itu," urai Bamsoet.

Selengkapnya Detik.com