Jakarta (ANTARA) - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) melalui ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on disaster management (AHA Center), dalam kerja sama dengan Pemerintah Korea Selatan, meluncurkan program sertifikasi dan standardisasi guna meningkatkan kapasitas penanganan kebencanaan di kawasan.

Program tersebut dinamai ‘ASEAN Standards and Certification for Experts in Disaster Management’ (ASCEND) dan secara resmi diluncurkan secara virtual dari Jakarta pada Selasa.

Direktur Eksekutif AHA Center Adelina Kamal menjelaskan bahwa program tersebut merupakan proyek tiga tahun dengan nilai 3,3 juta dolar AS (Rp49 miliar)  dan didanai oleh Dana Kerja sama ASEAN-Republik Korea (AKCF).

Dia  menjelaskan bahwa fokus dari program ASCEND adalah untuk melakukan sertifikasi terhadap para tenaga profesional dalam bidang penanganan kebencanaan berdasarkan standar-standar di ASEAN yang telah disepakati.

“Melalui proyek ini, kami ingin melakukan validasi para tenaga profesional dalam manajemen kebencanaan dan memastikan mereka memiliki keahlian dan kompetensi yang mumpuni. Tujuannya adalah untuk bisa berkontribusi pada terwujudnya visi ASEAN untuk menjadi pemimpin global dalam manajemen kebencanaan di 2025,” ujar Adelina.

Selengkapnya Antara