Jakarta, LENTERASULTRA.COM- Negara - negara di Asia Tenggaran (ASEAN) bertekad untuk berjuang bersama agar secepatnya keluar dari krisis Covid-19. komitmen dan tekad itu mengemuka dalam pertemuan virtual Menteri Kesehatan se-ASEAN yang berlangsung pada Kamis (22/7/2021). Pertemuan itu dipimpin oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Menteri Kesehatan ASEAN.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Tahiland, dan Wakil Menteri Kesehatan Laos, FIlipina, Singapura, dan Vietnam. Pertemuan juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN serta Regional Director WHO SEARO dan WPRO. Budi mengatakan, saat ini ada 5 negara anggota ASEAN masih mengalami lonjakan kasus Covid-19 terutama karena adanya mutasi virus. Sementara 5 negara lainnya telah berhasil mempertahankan tren kasus tetap dengan jumlah kasus relatof rendah.

“Negara anggota ASEAN yangs edang mengalami lonjakan kasus memperkuat upayanya dalam penaganan pandemi melalui peningkatan kapasitas testing, tracing, dan treatment serta vaksinasi,” kata Budi dalam keterangan pers dikutip dari asiatoday.id.