Jakarta (ANTARA) - ASEAN meningkatkan perannya dalam ekonomi dunia pascawabah COVID-19, karena potensinya yang besar sebagai bagian dalam rantai pasok global serta hubungan baik dengan berbagai mitra.

Menurut Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, peran ASEAN pada masa mendatang akan menjadi lebih penting dengan besarnya pasar untuk barang dan jasa yang didorong peningkatan pendapatan kelas menengah.

“(Faktor) ini menjadi kunci dalam situasi ekonomi global saat ini. Kekuatan suatu kawasan atau ekonomi di dunia bukan hanya tentang daya saing dan efisiensi, tetapi juga mempertimbangkan besarnya pasar domestik dan kawasan,” ujar Mahendra dalam seminar daring dari Jakarta, Jumat.

Selain itu, citra ASEAN sebagai mitra yang dapat diandalkan dan tanpa agenda tersembunyi mendorong kekuatan ekonomi dan industri untuk menaruh kepercayaan yang besar terhadap kawasan ini.

“Bayangkan jika ekonomi global mengalami rebound, maka ASEAN akan menjadi mesin pertumbuhan yang sangat penting,” kata Mahendra, yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan pada 2013-2014.

Selengkapnya Antara News