Jakarta, CNN Indonesia --  ASEAN dan Australia membahas peluang pembukaan koridor perjalanan atau travel bubble yang tengah digagas 10 negara Asia Tenggara sebagai upaya pemulihan ekonomi yang anjlok akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Wacana itu dibahas dalam rapat virtual menteri luar negeri ASEAN dan Australia yang khusus membahas penanganan Covid-19 di kawasan pada Selasa (30/6). "Mengawali pertemuan, Sekjen ASEAN menyampaikan beberapa hal seperti briefing terkait kerja sama ASEAN dan mitra wicara terkait pandemi dan penyampaian hasil KTT ASEAN ke-36 pekan lalu, termasuk usulan pemimpin negara ASEAN terkait peluang pembukaan travel corridor," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang turut hadir dalam rapat tersebut dalam pernyataan pers usai pertemuan berlangsung.

Travel bubble memang menjadi salah satu isu yang dibahas 10 pemimpin negara ASEAN dalam KTT ke-36 yang diselenggarakan secara virtual pada Jumat (26/6). Dalam rapat itu, Presiden Joko Widodo meminta ASEAN segera membuka koridor perjalanan terbatas bagi sesama negara anggota. Menurut Jokowi, koridor perjalanan bisa menjadi salah satu upaya memulihkan perekonomian yang anjlok pasca-terpaan pandemi corona.