Asean menyatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Myanmar. Bantuan ini sesuai dengan salah satu poin dalam konsensus yang disepakati pemimpin negara Asean atas krisis di Myanmar pada April silam.

JAKARTA - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Association of Southeast Asian Nations/Asean) berencana untuk mulai mengirim bantuan kemanusiaan kepada rakyat Myanmar dalam fase pertama pada September.

Pemberian bantuan kemanusiaan ini termasuk salah satu poin dalam konsensus yang disepakati pemimpin negara Asean atas krisis di Myanmar pada April silam.

"Fase pertama bantuan kemanusiaan menurut rencana akan dimulai pada September. Sementara untuk fase kedua akan didahului dengan laporan (assessment) mengenai bantuan yang diberikan," ungkap Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, pada Kamis (2/9).

Berdasarkan Sekretaris Jenderal Asean dan Asean Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre), Menlu Retno mengungkapkan dua fase pemberian bantuan kemanusiaan itu terdiri dari bantuan untuk menyelamatkan hidup dan bantuan menopang hidup.