Merdeka.com - Seperti diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN, yaitu organisasi yang terdiri dari persatuan negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. Meskipun diikuti oleh 10 negara di Asia Tenggara, namun organisasi ini diprakarsai oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, dan Thailand.

Sebagai lembaga yang mempersatukan negara-negara di Asia Tenggara, organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi setiap negara untuk melakukan kerja sama. Mulai dari kerja sama ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Bukan hanya itu, organisasi ini juga didirikan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan Asia Tenggara dengan baik.

Upaya kerja sama dan persatuan ini tersirat pada lambang ASEAN. Dalam hal ini, lambang ASEAN berupa batang padi berwarna kuning yang diikat dengan latar belakang warna merah serta lingkaran biru dan putih yang mengelilinginya. Masing-masing warna dan simbol dalam lambang ASEAN ini tentu mempunyai arti dan makna filosofis di dalamnya.

Selengkapnya Merdeka.com