Potensi kerja sama Uni Eropa dan ASEAN terkait Vaksin COVID-19. tirto.id - Para ahli dari Uni Eropa (EU) dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) melakukan diskusi terkait kesempatan lebih jauh untuk kerja sama soal vaksin COVID-19 melalui forum dialog.

UE dan ASEAN memiliki tujuan bersama dalam mencapai upaya multilateral untuk memastikan vaksin COVID-19 dapat diakses dan terjangkau, serta aman dan efektif bagi semua orang. Kepentingan bersama itu ditegaskan dalam Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-EU yang ke-23 pada 1 Desember lalu.

Saat itu, para pihak yang terlibat berjanji untuk melanjutkan dukungan atas multilateralisme vaksin dan penyediaan vaksin COVID-19 sebagai barang publik global. “Dialog melalui webinar terkait vaksin ini memperdalam dan memfasilitasi inovasi dalam kerja sama kesehatan antara ASEAN dan EU, dan membangun hubungan yang lebih kuat dalam pertukaran kebijakan menuju vaksin COVID-19 yang dapat diakses, terjangkau, serta aman dan efektif,” kata Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Sosial dan Budaya, Kung Phoak.