TEMPO.COJakarta - Untuk meningkatkan pemahaman diplomat Argentina mengenai ASEAN, Komite ASEAN di Buenos Aires (ACBA) menyumbangkan buku-buku tentang ASEAN ke Pusdiklat Kementerian Luar Negeri Argentina atau Instituto del Servicio Exterior de la Nación (ISEN).

Total ada 35 buku tentang ASEAN yang terdiri dari berbagai isu, seperti polugri, budaya, sastra, dan lingkungan. Sumbangan buku-buku itu diterima Direktur ISEN, Duta Besar Victorio María José Taccetti. Buku-buku tersebut nantinya akan dimasukkan ke perpustakaan ISEN.

Dalam seremoni penyerahan sumbangan, Rabu, 9 Juni 2021, waktu setempat, Duta Besar RI untuk Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie, yang juga menjabat Ketua ACBA, berharap penempatan buku-buku tersebut di perpustakaan ISEN akan memperkaya wawasan dan memberikan referensi yang andal tentang ASEAN kepada masyarakat Argentina, terutama para diplomat muda di sana.

Salah satu buku dari Indonesia yang diserahkan kepada ISEN adalah “Does ASEAN Matter” karya mantan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa pada 2009-2014. Buku ini menjelaskan mengapa ASEAN penting di tengah interaksi kepentingan kekuatan besar.

Selengkapnya Tempo