Banda Aceh, CNN Indonesia -- Sekitar 500 pengungsi Rohingya dari Myanmar yang Malaysia terpantau tengah berada di perairan Andaman, Aceh utara pada Selasa (12/5).

Direktur Polisi Perairan dan Udara Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro mengatakan 500 pengungsi Rohingya menggunakan dua kapal motor untuk menyeberang ke Malaysia. Jemmy mengatakan tidak menutup kemungkinan para pengungsi Rohingya akan singgah ke Indonesia untuk berbagai keperluan.

"Memang benar ada sekitar 500 orang pengungsi Rohingya dari Myanmar bergerak menuju Malaysia menggunakan dua kapal motor. Tidak menutup kemungkinan karena satu dan lain hal akan singgah di Indonesia," ujar Jemmy saat dikonfirmasi, Rabu (13/5).

Jemmy mengatakan Indonesia belum meratifikasi masalah pengungsi, sehingga dikhawatirkan jika mereka singgah akan memicu masalah baru di tengah merebaknya pandemi virus corona.

Ia mengatakan telah menginstruksikan satuan Polairud di setiap Polres Aceh untuk melakukan patroli laut dan mengantisipasi masuknya para pengungsi Rohingya ke kawasan Indonesia.

Selengkapnya CNN Indonesia