Singapura (ANTARA News) – Thailand secara resmi melanjutkan Keketuaan ASEAN untuk 2019 dengan mengusung tema “Advancing Partnership for Sustainability”. Penyerahan keketuaan ASEAN untuk 2019 dilakukan secara simbolis melalui penyerahan palu yang dilakukan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong kepada Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan o-Cha dalam upacara penutupan KTT ASEAN ke-33 di Singapura, Kamis.

“Thailand siap melanjutkan hasil – hasil yang telah dilakukan Singapura, termasuk kota cerdas, menjada perdamaian dan keamanan,” ujar Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan o-cha di Singapura, Kamis.

Ekonomi ASEAN saat ini berada di posisi enam besar dunia. Thailand menargetkan ekonomi ASEAN untuk berada di posisi empat besar dunia pada 2030. “Namun ASEAN menghadapi berbagai tantangan seperti perdagangan, dinamika politk,” ujar dia. Untuk menghadapi berbagai tantangan itu, lanjut dia, Pehimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) harus mempunyai rasa saling percaya untuk mencapai keuntungan bersama.